Saturday, November 11, 2017

Tutorial Membuat Badge Sederhana dengan Adobe Illustrator CS6 + Video.

Tags


Tutorial Membuat Badge Sederhana dengan Adobe Illustrator CS6 - Badge merupakan gambar yang berbentuk lencana yang banyak digunakan untuk promosi, penghargaan, dan lainnya. Badge biasanya digunakan pada halaman web maupun media cetak untuk promosi. Kali ini saya akan berbagi tutorial design logo badge sederhana menggunakan Adobe Illustrator yang dilengkapi dengan video. Saya menggunakan font Lemon Milk, dapat kalian unduh dengan gratis pada link yang sudah saya sertakan.

Awali dengan membuka software Adobe Illustrator, buat file dengan File - New atau CTRL+N. Kali ini saya menggunakan profile web dengan ukuran 960px x 560px.

Buat dua garis bantu untuk menentukan titik tengah dengan cara Document Setup - Edit Artboards.

Drag kursor dari ruler vertical dan horizontal untuk membentuk dua garis bantu seperti digambar supaya tercipta titik tengah.

Pilih Star Tool tentukan Point menjadi 30, dengan cara klik pada artboards ganti Point menjadi 30. Buat bentuk dasar supaya ditengah dan point yang diinginkan dengan mengkombinasikan tombol CTRL, ALT, dan SHIFT. Tentukan Fill Color dan Stroke

Pilih Ellipse Tool, buat lingkaran didalam objek. Pada Stroke atur seperti gambar supaya menjadi lingkaran putus - putus.

Buat lingkaran tanpa fill dan stroke didalam garis putus - putus untuk membuat teks melingkar dengan menggunakan Type On a Path Tool, pastikan Align Center dan atur seperti pada gambar supaya teks berada di tengah. Lakukan hal serupa untuk teks dibawahnya.


Buat kotak dengan Rectangel Tool dan tempatkan ditengah dengan tanpa fill dan stroke.

Pilih garis putus-putus lalu pergi ke Object - Expand - OK. Maka garis tersebut akan menjadi vektor yang terpisah.

Pilih garis putus-putus dengan kotak ditengah, lalu pilih Minus Front pada Pathfinder. Maka hasilnya akan seperti gambar.

Untuk bagian tengah bebas ingin diisi dengan apa, kali ini saya akan isi dengan nama. Lalu tambahkan sedikit dekorasi dengan menggunakan gabungan dua bentuk seperti pada gambar, pilih keduanya lalu gunakan Minus Front.

Posisikan sesuai keinginan kalian, jangan lupa tempatkan objek tersebut pada layer paling bawah. Duplikat menjadi dua, Klik Kanan - Transform - Reflect - OK.



Download Mentahan
Link Font Lemon Milk

Jadilah sudah sebuah Basic Badge atau Badge Sederhana yang cukup menarik dan minimalis. Kalian pun dapat mengembangkannya sesuai keinginan kalian, sudah saya sertakan filenya yang dapat di unduh gratis. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi anda, sampai jumpa di kesempatan selanjutnya.


EmoticonEmoticon