Saturday, November 25, 2017

Cara Membuat Dan Mengganti Favicon Pada Blog

Tags

Cara Membuat Dan Mengganti Favicon Pada Blog - Setiap blog atau web pastinya mempunyai favicon-nya masing-masing yang menjadi ciri atau lambang web tersebut, seperti Facebook dengan lambang f, Wikipedia dengan lambang w, dan Twitter dengan lambang burung. Namun ada hal yang harus diperhatikan dalam penggunaan favicon pada blog, yaitu gunakan favicon berbentuk bujur sangkar dengan ukuran atau favicon size kurang dari 100KB.

Apa itu Favicon?
Favicon adalah icon utama yang muncul pada address bar suatu website dan merupakan logo dari website tersebut. Juga dikenal sebagai Shortcut Icon, Website Icon, URL Icon, Bookmark Icon, atau Ikon Favorit. Untuk favicon default blogger sendiri adalah logo B khas Blogger. Seperti contoh dibawah ini
Beberapa Contoh Favicon

Cara Membuat Favicon Online Di Blog
1. Kunjungi situs icoconvert.com
2. Pada Upload an Image, pilih file yang akan dijadikan favicon dengan klik Browse lalu Upload, tunggu sampai Successfully uploaded.
Proses mengupload gambar.

3. Pilih Favicon for your website - Convert ICO, lalu Download your icon(s)
Memilih format dan mendownloadnya

4. Setelah mendownload file berbentuk icon, upload icon tersebut pada blogger. Untuk Step 2 dan Step 3 pada situs tersebut bersifat opsional (boleh dilakukan, boleh tidak)

Cara Mengganti Dan Upload Favicon Blog
Setelah membuat favicon online tadi, sekarang untuk mengganti dan upload favicon-nya.
1. Login akun blogger
2. Pilih Tata Letak, lalu Edit pada bagian Favicon
Mengubah favicon pada blogger

2. Pilih file yang akan dijadikan favicon pada blog dengan pilih Browse - Simpan.
Memilih file untuk favicon

Favicon Tidak Berubah ?
Bila setelah mengganti namun favicon anda tidak berubah, silahkan hapus cache pada browser anda. Jika tetap tidak berubah maka bersabarlah, tunggu beberapa menit.

Sebenarnya selain dengan cara diatas bisa juga menyisipkan kode favicon html pada template blog, namun yang biasa saya lakukan adalah dengan cara diatas. Itulah cara membuat dan mengganti favicon pada blogger, semoga cara ini dapat membantu dan berguna bagi anda.

3 comments

terimakasih juga atas kunjungannya, semoga bermanfaat

https://storymajelis.blogspot.com/2020/04/jadwal-bulan-ramadhan-1441-h.html?m=1


EmoticonEmoticon