Sunday, August 28, 2016

Sekilas Tentang Java part 2



Sekilas Tentang Java part 2 - Setalah memposting Sekilas Tentang Java yang pertama, kali ini saya akan membagikan sedikit ilmu saya tentang bahasa pemrograman yaitu Java, untuk kedua kalinya. Langsung saja cekidot guys ^^

Struktur Program Java.

1. Comments

Comments digunakan untuk memberikan keterangan / penjelasan suatu baris program. Comments tidak akan dikompilasi oleh compiler.
Lambang untuk comments :

- double slash ( // ) untuk memberikan penjelasan satu baris
- /* dan */ untuk memberikan penjelasan satu baris atau lebih.

2. Modifiers

Modifiers digunakan untuk menentukan penggunaan dari suatu data,methods dan class. Contoh modifiers adalah public, static, private, final, abstract dan protected.

3. Statements
Statements merupakan baris perintah atau kumpulan perintah. Setiap statements pada java selalu diakhiri dengan titik koma ( ; ).

4. Blocks

Blocks digunakan untuk membentuk suatu grup statements. Blocks diawali dengan kurung kurawal buka ( { } dan kurung kurawal tutup ( } ).

5. Classes
Classes merupakan inti dari program Java. Suatu class merupakan “blueprint” untuk menciptakan suatu object.


Elemen Pembentuk Pada Java.

1. Identifiers
Merupakan penamaan dalam pemrograman untuk variabel,konstanta, method, class, dan package. Java merupakan bahasa pemrograman yang case-sensitive (membedakan antara huruf besar dan kecil). Aturan penamaan identifiers pada java adalah :
-    Dapat dimulai dengan huruf, underscore ( _ ) atau tanda $
-    Tidak dapat menggunakan simbol operator seperti : +, - , * , / dan lain- lain
-    Tidak dapat menggunakan reserved word
-    Dapat mempunyai panjang berapa saja.

2. Variables
Digunakan untuk input, output atau menyimpan hasil suatu proses pada program. Untuk melakukan deklarasi suatu variables digunakan: Datatype variableName;
Contoh: int angka;
 

Untuk mendeklarasi sekaligus melakukan inisialisasi digunakan: Datatype variableName = value;
Contoh: int angka = 5;

Aturan Konvensi :
-    Bila terdiri satu abjad atau satu kata, semua abjad dituliskan sebagai huruf kecil. Contoh: a  ,  nama.
-    Bila nama terdiri dari dua kata atau lebih, huruf pertama dari kata pertama sebaiknya kecil, dan huruf pertama kata kedua dan seterusnya, sebaiknya huruf bersar.

3. Constants (konstanta).
Constants merupakan data yang tidak berubah selama program berjalan. Pendeklarasian konstanta menggunakan :
    static final Datatype CONSTANTNAME = Value;
Contoh: static final double PI = 3.14159; 

              area = radius*radius*PI;

Aturan Konvensi:
-    Semua Abjad dari nama konstanta dituliskan dalam huruf kapital.
-    Bila Konstanta lebih dari satu kata, maka semuanya disambung menjadi satu dan semua abjadnya juga dituliskan dalam bentuk kapital.

4. Tipe Data
Tipe Data primitif pada Java yaitu :

a. Numerik (bulat dan pecahan)
- Numerik Bulat
Tipe Data Besar (bits) Jangkauan
byte 8 -128 ke 127
short 16 -32,768 ke 32,767
Int 32 -2,147,483,648 ke 2,147,483,647
long 64 -9,223,372,036,854,775,808 ke 9,223,372,036,854,775,807

-Numerik Pecahan
Tipe Data Besar (bits) Jangkauan
float 32 bits -3.4E38 ke 3.4E38
double 64 bits -1.7E308 ke 1.7E308

b. Character
Merupakan tipe data yang meyimpan satu buah karakter.

Tipe Besar (bits) Jangkauan
char 16 Unicode Character
c. Boolean 
Merupakan tipe data yang hanya berisi true atau false

d. Array
Untuk menampung beberapa tipe data yang sama dalam sebuah nama variable yang mempunyai indeks. Array pada java merupakan object  yang dapat berisi tipe data primitif maupun class.

Ekspresi dan Operator
 
Ekspresi merupakan suatu statement yang mengembalikan suatu nilai.
Operator merupakan Simbol yang digunakan dalam ekspresi.

1. Operator Aritmatika
Operator Arti Contoh
+ Penambahan 3 + 4
- Pengurangan 5 - 7
* Perkalian 5 * 5
/ Pembagian 14 / 7
% Modulus (Sisa bagi) 20 % 7

2. Operator Kondisi (Conditional)
Operator Arti Contoh
== sama dengan x == 3
!= tidak sama dengan x != 3
< lebih kecil x < 3
> lebih besar x > 3
<= lebih kecil sama dengan x <= 3
>= lebih besar sama dengan x >= 3
Catatan :
operator ini sering digunakan pada kondisi if dan kondisi looping.

3. Operator Logika (Logical)
Operator Arti Contoh
&& and x >=2 && x <=4
|| or x > 2 || x < 5
! not x!=5
^ xor x == 2 ^ x==3

Operator &&

Kondisi1 Kondisi2 Hasil
False False False
False True False
True False False
True True True

Kalau mau tau lebih jauh tentang java, download aja materi nya disini

7 comments

thanks gan :D jangan lupa download materinya gan siapa tau bermanfaat ^^

sama-sama gan :D silahkan download materinya barangkali bermanfaat :D

nama java di ambil dari mana ya gan ? kali aja pulau java haha.

bisa jadi bro :D mungkin si James Gosling lagi ngopi di pulau jawa =D


EmoticonEmoticon