Tuesday, November 22, 2016

Tutorial Membuat Kalkulator pada Microsoft Visual Basic

Tutorial Membuat Kalkulator pada Microsoft Visual Basic - Kali ini saya akan membuat tutorial untuk membuat sebuah program sederhana di Microsoft Visual Basic. Langsung saja guys berikut tutorialnya guys.

Contoh Kalkulator Sederhana dari VisualBasic

1. Buka aplikasi Microsoft Visual Basic, dan pilih Standard EXE.
2. Pilih Label untuk membuat teks judul. Untuk memasukan judul, kalian bisa edit Caption yang berada di Alphabetic Properties. Kalian bisa ganti size, style atau apapun yang berhubungan dengan font pada Alphabetic Properties dimenu Font. Pilihlah sesuai selera kalian :D
3. Supaya judul berada rata tengah, ganti Alignment menjadi Centre.
4. Pilih Label lagi untuk membuat teks Bilangan Pertama, Kedua, dan Hasil.
5. Untuk Input Bilangannya kita pakai Text Box. Buat Text Box menjadi tiga, untuk bilangan pertama, kedua, dan hasil. Bila di Label kita mengedit isinya di Caption, maka untuk Text Box kita edit pada Text.
6. Untuk tombol operasi aritmatika, kita gunakan CommandButton. Buat tombol plus (+), minus/kurang (-), bagi (/), kali (x), dan pangkat (^). Untuk CommandButton mengeditnya tetap pada Caption.
7. Selanjutnya kita buat tombol Reset, Start, dan Exit menggunakan CommandButton. Usahakan si teks cukup besar supaya mudah dilihat dan lebih formal.
8. Okey, kita mulai coding guys :D caranya yaitu, klik dua kali pada tombol yang ingin diberi script. Pertama kita masukan script untuk tombol operasi aritmatika yaitu, tombol plus (+) dengan script Text3.Text = Val(Text1) + Val(Text2)
Untuk operasi lainnya, kita cukup ganti simbol pada script tersebut. Misalkan untuk operasi pengurangan scriptnya seperti ini Text3.Text = Val(Text1) - Val(Text2) dan begitupun seterusnya dengan operasi yang lain. Untuk perkalian simbolnya bintang ( * ) bukan ex ( x ).
9. Selanjutnya kita masukan script untuk tombol Reset, Start, dan Exit. Tombol Reset untuk mereset atau menghapus semua bilangan, Start untuk memulai program, dan Exit untuk keluar dari program. Untuk script tombol ini kalian bisa lihat divideo yang ada pada artikel ini.
10. Selesai deh, kita bisa test terlebih dahulu dengan cara, Run - Test atau Shortcut F5.

Selesai sudah kalkulator yang kita buat, mudah bukan? :D Untuk lebih jelasnya silahkan lihat video dibawah ini. Atau download kalkulatornya disini.


2 comments

Wah VB ya gan? Temen ane yang SMK belajar gini jg gan dia suruh bikin software laundry buat prakteknya

Iya gan masih basic :D ini juga diajarin disekolah, temen agan anak RPL ya?


EmoticonEmoticon