Sunday, November 13, 2016

Jenis Kamera Digital

Jenis Kamera Digital - Suka pakai kamera? Tapi kalian tahu nggak sih kamera yang kalian pakai itu namanya apa? Terkadang ada orang yang kurang paham akan nama atau jenis kamera tersebut. Ada saja yang salah pengertian, Bridge Camera disebut SLR dan semacamnya. Okey, supaya kalian tidak salah lagi dalam penyebutan jenis kamera tersebut, kali ini saya akan memberikan sedikit ilmu tentang kamera yang saya dapat disekolah, yaitu beberapa jenis kamera digital. Langsung saja cekidot guys ^_^

Compact Digital Camera
Populer dengan nama kamera poket. Kamera ini masih menjadi jenis kamera yang paling populer digunakan pada saat ini. Selain itu, kelemahan lain dari kamera jenis ini adalah ia mudah sekali bergoyang & menimbulkan Shutter Lag, karena selain bentuknya yang relatif kecil & mudah dibawa. Kamera ini memang di-design untuk mempermudah proses fotografi.
Compact Digital Camera juga memilki flash built in didalamnya. Jadi ketika cahaya yang ada kurang, maka secara otomatis flash yang ada didalam akan menyala. Kebanyakan dari kamera ini hanya cocok digunakan sebagai kamera dokumentasi sederhana.

Compact Digital Camera (Pocket Camera)
Bridge Camera
Biasa disebut dengan superzoom camera. Sekilas bentuknya hampir sama, bahkan beberapa bridge camera memiliki fitur yang sama dengan DSLR. Namun lensa yang ia miliki adalah fixed lens.
Perbedaan Optical & Digital Zoom adalah kualitas yang dihasilkan. Optical Zoom merupakan proses zooming yang dilakukan oleh lensa, bukan secara digital pada gambar. Ini berbeda dengan ketika memotret dengan teknik zooming pada Bridge Camera, hasilnya akan jauh lebih baik karena tidak ada pixel yang ditarik seperti di Compact Camera.
 

Bridge Camera
Digital SLR
Masih menjadi favorit hingga saat ini. Kamera DSLR dengan kualitas rendah masih lebih baik dari Compact Camera yang mahal.
DSLR merupakan singkatan dari Digital Single Lens Reflect. Secara sederhana, ia adalah proses kamera dalam menangkap gambar & mengkonversikannya menjadi sebuah data digital.


DSLR Camera
Mirorless Camera
Bisa dikatakan ini adalah masa depan dari Kamera Digital. Karena meskipun belum terlalu populer dimasyarakat, namun Mirorrless adalah jawaban dari kualitas yang bagus, harga murah, dan simple fiture.
Secara sederhana, Mirrorless merupakan Compact Camera yang memiliki sensor besar. Ia menjadi lebih sederhana karena tidak memiliki Optical Viewfinder. Jika ingin melihat objek harus menggunakan Digital Viewfinder.
Namun generasi Mirrorless baru menyediakan LCD. Viewfinder yang memungkinkan kita untuk melihat objek dan juga sebagai Liveview dalam melakukan pemotretan. Liveview berfungsi sebagai patokan untuk pencahayaan dan juga angle. Mirrorless juga mempunyai lensa yang dapat diganti.

Mirrorless Camera

Hanya itu saja mungkin yang dapat saya beri, karna itu merupakan materi yang diberikan guru saya di sekolah :D Semoga bermanfaat,, wassalam ^_^


EmoticonEmoticon